Tinju Neolib

Saya yakin anda tahu Chris John, Juara Dunia Kelas Bulu kebanggaan Indonesia. Chris John memiliki gaya bertarung ala wushu; Hal ini terlihat dari cara menangkis menggunakan siku tangan. Di dunia tinju kelas berat, kita mengenal Mike Tyson, yang dijuluki “Si Leher Beton”, merujuk pada lingkaran leher Tyson pada masa jayanya yang ekstra besar dari ukuran normal, dan tampak begitu kokoh. Mike Tyson juga terkenal dengan pukulannya yang dahsyat; Dari 15 pertandingan sejak 1985, Ia memenangkan semua pertandingan dengan KO, dan hampir semuanya terjadi di ronde pertama.

Jika Chris John dan Mike Tyson berada pada era yang sama, bisakah anda bayangkan siapa yang akan memenangkan pertarungan jika mereka berlaga? Saya setengahnya yakin petinju kelas berat ini (Tyson) akan dengan mudah mengalahkan petinju kelas bulu seperti Chris John. Sangat mungkin Chris John akan langsung KO dalam sekali pukul. Ya… mereka memang BEDA KELAS.

Nah, apa jadinya jika pemerintah melakukan pembiaran para pelaku ritel Internasional semacam Carrefour, Walmart, Lotte Mart, Spar, Lulu Hypermarket, GS Supermarket “bertarung” melawan orang-orang semacam Cak Mukidi, pemilik toko kelontong AntahBarantah?

Apa jadinya jika pemerintah membiarkan Alfa Mart, Indo Mart, Yomart masuk ke pelosok kampung “bertarung” melawan orang-orang semacam Cak Mukijan, pemilik kios kelontong pinggir jalan di Desa AntahBarantah?

Tetapi, itulah logika para menganut Globalisasi. Itulah logika kaum NeoLiberalisme. Mereka meyakini mitos bahwa pemerintah harus minggir dari pasar dan hanya bertindak sebagai PENJAGA MALAM; biarkanlah pasar mengatur dirinya sendiri.

Mereka meyakini pendapat Adam Smith yang mengatakan bahwa dia mengenali adanya mekanisme bagaikan hukum alam, yang atas dasar egoisme dan individualisme manusia, tanpa pemerintah ikut campur tangan, akan terjadi ketertiban, keseimbangan, keadilan dan alokasi faktor-faktor produksi yang optimal.

Adam Smith mengatakan bahwa manusia selalu mengejar manfaat dan keuntungan yang sebesar-besarnya dari semua pikiran dan tenaga beserta semua kapital yang dimilikinya. Kalau pemerintah tidak ikut campur tangan dalam perilakunya yang demikian, akan ada tangan-tangan tidak terlihat atau INVISIBLE HANDS yang mengaturnya sehingga dengan sendirinya terjadi ketertiban, kemakmuran, keadilan dan keseimbangan.

Dari perumpamaan “Chris John vs Mike Tyson”, semoga anda sadar bahwa Globalisasi dan NeoLiberalisme sama sekali tidak membawa KEMAKMURAN sebagaimana yang ia janjikan, melainkan PEMBANTAIAN.