Budaya Indonesia

Budaya adalah keseluruhan atribut yang melekat pada masyarakat tertentu, yang membedakannya dari masyarakat lainnya. Menurut Malinowski, terdapat 7 unsur yang terkandung dalam budaya, yaitu: bahasa, sistem teknologi, sistem mata pencaharian, organisasi sosial, sistem pengetahuan, religi, dan kesenian. Oleh karena cakupannya yang luas, bisa dipahami jika para ahli mengajukan berbagai definisi yang berbeda dari kata "budaya".

Secara etimologi, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal). Dengan demikian budaya diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, yang membedakannya dari binatang. Sinonim kata budaya adalah kultur, yang  berasal dari bahasa Inggris yaitu culture dan bahasa Latin cultura. Kamus Bahasa Inggris Cambridge mendefinisikan kultus sebagai "cara hidup, terutama kebiasaan dan kepercayaan umum, dari sekelompok orang tertentu pada waktu tertentu."

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mendefinisikan kebudayaan adalah keseluruhan hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur sosial, agama, dan lain-lain. Termasuk didalamnya, semua kekayaan  intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits, memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.