Kesesatan

Kesesatan (fallacia, fallacy) adalah bagian dari logika yang mempelajari berbagai jenis kesesatan penalaran sebagai lawan dari penalaran yang logis (argumentasi logis). Kesesatan penalaran (logical fallacy) dapat terjadi karena ketidaktepatan bahasa dan atau ketidaktepatan relevansi dengan pokok bahasan.

Kesesatan karena ketidaktepatan bahasa antara lain disebabkan oleh pemilihan terminologi yang salah sedangkan ketidaktepatan relevansi bisa disebabkan oleh (1) pemilihan premis yang tidak tepat (membuat premis dari proposisi yang salah), atau (2) proses penyimpulan premis yang tidak tepat (premisnya tidak berhubungan dengan kesimpulan yang akan dicari).

Kesesatan bisa terjadi karena ketidaktahuan atau karena kesengajaan. Seorang pencari kebenaran sudah seharusnya mempelajari jenis-jenis kesesatan penalaran agar ia terhindar dari kesalahan penalaran yang tidak disengaja karena ketidaktahuan. Sementara itu ada banyak orang dengan sengaja melakukan penyesatan penalaran untuk menjatuhkan lawan bicara. Penyesatan penalaran ini dapat dilawan dengan cara menunjukkan kesalahan penalarannya. Dengan demikian, mempelajari jenis-jenis kesesatan penalaran penting artinya bagi para pejuang kebenaran.